WEBINAR NASIONAL ‘DIDAKTISIERUNG DER FACHSPRACHEN IN DEUTSCH’ PROGRAM STUDI BAHASA JERMAN UNIVERSITAS PATTIMURA

UNPATTI,- Progam Studi Bahasa Jerman melaksanakan seminar Nasional  “DIDAKTISIERUNG DER FACHSPRACHEN IN DEUTSCH” yang digelar pada tanggal 3-4 September 2020. Kegiatan yang merupakan implementasi kerjasama Universitas Pattimura dengan University of Konstanz dilaksanakan dengan menghadirkan para Narasumber :

  • Dr. Phil Cristian Krekeler dari Hochschule Konstanz Jerman dengan materi “Fachsprachen im Unterricht”
  • Emy Widiarti – Widyaiswara Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dengan materi “Menjelajahi KD Pembelajaran Bahasa Jerman”
  • Juliaans E. R. Marantika, M.Pd – Dosen Universitas Pattimura dengan materi  “Orientasi Pembelajaran Bahasa Jerman”
  • Wilma Akihary, S.Pd., M.Hum Dosen Prodi Bahasa Jerman Universitas Pattimura  dengan materi “ Digitaler Unterricht “

Prof. Dr. Jolanda Tomasouw, M.Pd selaku  Ketua Panitia Webinar mengatakan “salah satu program kerjasama yang terbangun  dengan University of Konstanz adalah program yang menawarkan keikutsertaan mahasiswa dalam program double degree atau kelas internasional. Hal ini yang menjadi tolok ukur penyelenggaraan Webinar “lanjut dikatakan penyelenggaraan webinar dibagi menjadi dua sesi, sesi dihari pertama diikuti oleh mahasiswa dan dihari kedua diikuti oleh para guru bahasa jerman, dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik”

Prof. Dr. Phil Cristian Krekeler dari Hochschule Konstanz Jerman didalam materinya dihari pertama memberikan kiat-kiat bagaimana mahasiswa mengikuti magang double degree, bagaimana mempersiapkan diri untuk mengikuti tes, finansial dan juga destinasi ketika mangikuti kegiatan double degree. Materi ini sangat bermanfaat dan dalam webinar ini pula ada testimony yang disampaikan oleh mahasiswa Indonesia yang telah berada di Jerman sebagai motivasi bagi mahasiswa Universitas Pattimura.

Dihari kedua penyelenggaraan webinar menghadirkan narasumber ibu Emy  Widiarti – Widyaiswara  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Bahasa Kemdikbud  yang memberikan materi kepada guru terkait dengan bagaimana membuat suatu kurikulum dengan kompetensi dasar yang baik, bagaimana guru bisa  menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik sesuai kurikulum merdeka belajar.

Materi lain yang disampaikan pada webinar ini adalah Orientasi Pembelajaran Bahasa Jerman oleh                            Dr. Juliaans E. R. Marantika, M.Pd dan  “Digitaler Unterricht” oleh Dr. Wilma Akihary, S.Pd., M.Hum

Dekan FKIP Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd saat membuka kegiatan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini dan diharapkan Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman khususnya mahasiswa pada semester V bisa terus berpatisipasi untuk mengikuti program ini dan program studi diharapkan menyesuaikan kurikulum agar program ini dapat terlaksana. Peran tenaga pendidik juga sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan para mahasiswa agar nantinya terlibat dalam program ini. Fakultas akan memberikan dukungan finansial untuk tentunya untuk program.

Pelaksanaan webinar ini berjalan dengan baik dan mendapat antusias dari para peserta kegiatan yang terdiri dari para guru di berbagai kabupaten kota di Maluku dan daerah lainnya di Indonesia.

Prof. Jolanda berharap dari pelaksanaan webinar ini mahasiswa harus belajar ekstra untuk mengikuti program double degree dan bagaimana mereka harus berusaha untuk berhasil dan kepada guru-guru diharapkan dapat menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman dengan baik dan bermutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *