DIES NATALIS KE- 37 FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

UNPATTI,- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menggelar puncak acara Dies Natalis di Auditorium Universitas Pattimura, Rabu (11/9) dengan mengusung Tema “FPIK For Sustainable Development Goals (SDG’s)”. Rangkaian acara Dies Natalis ke -37 Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpatti telah berlangsung sejak Mei 2019. Puncak acara Dies Natalis dibuka dengan tarian, diikuti dengan laporan Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan duet “Rumah Kita”.

Prof. Dr. rer. nat. Ir. Abraham S. Khouw., M.Phil dalam sambutannya mengatakan dalam merayakan ulang tahun ini ada dua hal yang paling penting, hal yang pertama adalah ungkapan syukur kepada Tuhan karena atas penyertaanNya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sudah memasuki usia ke -37 tahun, oleh karena itu saya berterima kasih kepada para Dekan sebelumnya karena mereka adalah orang-orang hebat yang sudah memberikan kontribusi yang luar biasa pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Sejarah mencatat bahwa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sampai pada 37 tahun usianya banyak hal yang sudah di buat, oleh karena itu hal kedua adalah bahwa kita sudah melakukan sebuah keinginan atau cita – cita yakni masuk dalam World Class Faculty yang nantinya kita secara bersama – sama akan memulai dimasa kepemimpinan saya ini.

Khouw juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan para Wakil Rektor untuk terobosan mereka atas kerjasama yang dilakukan dengan Universitas – Universitas yang cukup terkenal diluar negri bahkan membuat memory of understanding terkait dengan kerjasama antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan Universitas-universitas yang cukup mapan ditingkat dunia antara lain Universitas di Cina, Korea, Jepang, Rusia, Jerman bahkan Amerika.

Lanjutnya, ucapan terimakasih disampaikan kepada beberapa Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang memberikan kontribusi dalam memperkenalkan Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan ditingkat Global yakni Pusat Kemaritiman yang dipimpin Dr. Ginno V.Limon yang sudah banyak melakukan kolaborasi dalam bidang penelitian dan pengembangan peralatan Laboratorium. Juga kepada Bpk. Rahawarin yang memperkenalkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan lewat Sistem Informasi dan Teknologi dimulai dari Program Studinya. Harapannya, bisa diikuti oleh Program Studi lainnya.

Akhir dari sambutannya, Khouw memberitahukan puncak acara Dies Natalis saat ini akan melauncing sebuah Sistem Informasi yakni Website tersendiri, yang akan diisi khusus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan guna mempromosikan FPIK di tingkat Global.

Prof. Dr. M. J .Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita bisa sama-sama mengikuti peristiwa penting yaitu merayakan ulang tahun ke-37 Fakultas Perikanan dan Imu Kelautan.

Rektor berharap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bisa membuka Kelas Internasional dimana Dosen Asing dapat memberikan kuliah sehingga secepatnya kita akan bekerjasama dengan Universitas di Timor Leste, mengundang mahasiswanya untuk berkuliah di sini. Dilihat dari rangking Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti, Rektor yakin FPIK mampu membuka Kelas Internasional. Lanjutnya, Rektor menyarankan FPIK untuk pertiga bulan diadakan pameran untuk mempromosikan FPIK Universitas Pattimura dikalangan umum agar orang tertarik masuk ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Mahasiswa Baru oleh Wakil Dekan III, Launcing Web Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan oleh Wakil Dekan I yang dapat diakses pada laman www.fpik.web.unpatti.ac.id dan pada acara perayaan Dies Natalis ke-37 FPIK diakhiri dengan peniupan lilin, pemotongan kue Ulangtahun dan Doa oleh Rohaniawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *